Oct 25, 2011

Sketching Barrack Obama

Agustus 2009, lokasi sket berikutnya disepakati di Taman Menteng, Jakarta Pusat.  Satu objek yang paling menyita perhatian adalah keberadaan patung Barrack Obama saat beliau berumur 10 tahun.  Patung Little Barry  didirikan oleh para koleganya semasa ia masih bersekolah di Indonesia (paling tidak untuk menyombongkan diri "Mr. President of USA pernah lho SD di Indonesia...").  

sketsa Bang Widiyatno
Namun yang sangat disayangkan, kenapa di dirikan di Taman Menteng yang nota bene adalah public area? Bukankah selama ini Barry tidak memberikan kontribusi apa-apa bagi masyarakat Indonesia?  Inilah yang kemudian menjadi issue bagi para penentang patung Little Barry dalam aksi protes mereka via jejaring sosial.  22 Februari 2010, patung Little Barry resmi dipindahkan  dari taman awam Menteng Jakarta ke SD Menteng 01, Jakarta.  Nah, kalau ini baru masuk akal. 

sketsa Bang Dharr


Saya cukup berbangga hati karena saat itu saya bisa men-sket dengan beberapa petinggi IS, diantaranya Bang Dharr, Bang Widiyatno, Mba Atit, Bang Donald Saluling, Bang Toni Malakian, Mas Yanuar, dan Mba Fifi. Sebagian besar kami fokus men-sket patung Barry, mungkin sudah ada firasat bahwa keberadaan patung tersebut di Taman Menteng hanya bersifat sementara, dan keberadaan kami saat itu sebagai saksi bahwa di sana, di Taman Menteng pernah berdiri patung Little Barry...






sketsa amatiran
Yang menarik perhatian saya di siang menjelang sore hari kala itu adalah keberadaan kawanan capung yang ramai beterbangan.  Saya harus mengabadikan momen tersebut, sebab suasana taman seperti itu tidak akan saya jumpai lagi, kelak jika saya harus balik ke Makassar.  Saya juga harus memasukkan gambar bangunan kaca icon khas Taman Menteng, agar sket ini bisa mengabadikan keberadaan patung Litlle Barry yang pernah berdiri di Taman Menteng.  Begitulah kira-kira..

No comments:

Post a Comment