Oct 13, 2011

Teman Masa Lalu dan Blog Baru

Saya baru saja menamatkan buku Totto-Chan: Gadis Cilik di Jendela ketika mulai membuat blog ini.   Sebelumnya saya pernah punya blog yang isinya sangat berantakan, campur aduk antara publikasi karya dan  diary curcol (curhat colongan) yang kemudian ikut terhapus saat saya memutuskan menutup akun Google lama saya.  Di 'rumah' baru kali ini, saya  hanya akan fokus berbagi pengalaman saya dalam berkarya (apa lagi kalau bukan sket, ilustrasi, dan lukisan).
Cerita Totto-Chan dan teman-teman sekolahnya berhasil membangkitkan memori akan detil masa kecil saya khususnya yang berkaitan dengan gambar-menggambar.  

Adalah Jihan, teman SD yang pertama kali menginspirasi saya untuk mulai menggambar dan berkarya dalam artian yang sebenarnya.  Saya masih ingat betul bagaimana setiap main kerumahnya, dia selalu sibuk menggambar karakter dari majalah Bobo lalu kemudian mewarnainya.  Jika di masa SD saya mengenal majalah Bobo darinya, maka di masa SMP saya diperkenalkan dengan komik koran (istilah saya untuk komik manga).  Saya masih ingat, sehabis membuat kue bolu kukus berwarna biru (dari pewarna makanan yang saya bawa), Jihan mengajak kami (teman-teman se-geng) masuk ke kamarnya.  Pertama kali mata saya tertuju pada bundelan majalah Bobo (koleksinya sedari SD) tersusun rapih di sudut kamarnya. Selanjutnya yang mencengangkan saya adalah sosok Benio Hanamura (Miss Modern) yang mengenakan Kimono dan menggenggam Samurai, digambarnya diatas gabungan kertas A4 hingga seukuran poster sungguhan, ditempel di dinding kamarnya.  Sampai saat itu saya tidak pernah kepikiran bahwa poster besar bisa dibuat dengan hasil gambar tangan sendiri.  WOW! hanya itu yang saya bisa katakan berulang-ulang di dalam hati, berhari-hari, bertahun-tahun, hingga akhirnya saya menyadari bahwa saya mulai aktif mengambar karena terpicu oleh karyanya itu.

6 comments:

  1. Berarti emang saya gak bakat menggambar ya. Bertahun2 berteman dengan orang2 yang pinter gambar, tapi gak ketular - tular juga ilmunya :D

    ReplyDelete
  2. @nayah: iyaaa ^^
    @k jim: makasih udh mampir
    @khie: (IMHO) meski tidak berbakat tapi kalau rajin latihan pasti bisa kok. tergantung bagaimana kita sabar menjalani prosesnya, soal hasil itu perkara belakangan :)

    ReplyDelete
  3. seruu ya kak..saat buka2 memori ttg kesukaan kita masa kecil apalagi sampai kl sampai saat ini masih kita lakukan :) Bagaimana kabar Jihan sekarang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejak kecil gemar menggambar tp hingga skrng sy msh merasa diri sebagai amatiran sj. ow ya, jihan skrng udh berkeluarga, punya anak satu dan menggeluti bisnis parsel...

      Delete