Dec 1, 2012

"Forever Hanami" Goes To Makassar







Senang sekali ilustrasi cat air “Forever Hanami” bisa ikutan Pameran Karya Pilihan Koleksi Galeri Nasional  Indonesia dan Perupa Sulawesi Selatan 2012.  Awalnya tidak terfikir sama sekali ikutan pameran ini, tapi setelah dibujuk sama Anggie untuk ‘coba-coba saja’ mengirimkan contoh karya (siapa tahu lolos kurasi) akhirnya saya mulai mencari-cari karya mana yang sekiranya sesuai dengan syarat seleksi. 

Nah, berikut ini adalah ketentuan seleksinya:
  1. Karya berbentuk 2D, 3D atau Video Art
  2. Ukuran karya 2D, maks. 2 x 2 m. Untuk karya 3D, ukuran karya maks. 4 x 4 x 4 m (outdor & indor)
  3. Tema karya “Bebas”
  4. Karya adalah produksi tahun 2011 (paling lama)
  5. Karya akan diseleksi oleh kurator dengan ketentuan:
    • Mengirim foto karya ukuran min 10R
      Tiap peserta dapat mengirimkan maks. 3 buah foto karya yang akan dipilih 1
      Foto karya dilengkapi dengan biodata dengan no.tlp yang jelas , konsep karya, keterangan media dan ukuran karya, serta foto diri peserta.
      Foto karya dikirim atau diantar langsung ke MakassArt Gallery  Jl. Jampea No. 1, Lt. 2, Makassar
      Foto karya diterima selambat-lambatnya tanggal 30 Oktober 2012
  6. Karya-karya yang telah diseleksi akan dihubungi via telepon, dan mengirimkan karya yang akan dipamerkan paling lambat tanggal 15 November 2012 ke MakassArt Gallery  Jl. Jampea No. 1, Lt. 2, Makassar. Dengan keseluruhan biaya ditanggung peserta
Berhubung sekarang tinggalnya di Kyoto, dimana biaya pengiriman barang ke Indonesia terhitung mahal, ditambah lagi biaya pameran ditanggung masing-masing-masing-masing peserta, maka karya yang paling masuk akal untuk diikutkan pameran adalah ilustrasi/lukisan cat air.  Cukup dimasukkan di amplop biasa dan dikirim layaknya surat biasa, ongkos pengiriman tentunya jauh lebih murah (bila dibandingkan mengirim lukisan diatas canvas, atau material untuk karya seni instalasi).  Tiga contoh karya yang coba saya kirim adalah Forever Hanami, Deja Vu: Teori Belalai Gajah, dan Dear Santa.  Pertengahan November pihak panitia  menghubungi bahwa “Forever Hanami” lolos kurasi :)  

source: innoangga.blogspot.com


Katalog

pada laman 82 :')

Pameran Karya Pilihan Koleksi Galeri Nasional Indonesia dan Perupa Sulawesi Selatan secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sul-Sel Drs.H. Jufri Rahman, Msi. didampingi oleh direktur Galeri Nasional Tubagus Andre Sukmana, kurator Galeri Nasional Kuss Indarto, dan kurator pendamping Perupa Sulawesi Selatan Dicky Tjandra.  Pameran digelar selama 5 hari, mulai dari tanggal 28 november hingga 2 Desember 2012 bertempat di Gedung Mulo, Jl. DR. Sam Ratulangi-Makassar.  Dalam kesempatan ini Galeri Nasional Indonesia menampilkan beberapa lukisan karya maestro nasional seperti S. Sudjojono, Affandi, Basuki Abdullah, dan Popo Iskandar yang disandingkan dengan karya para perupa Sulawesi Selatan mulai dari lukisan, patung dan instalasi.  Penyelenggaraan pameran ini hasil kerjasama Galeri Nasional Indonesia, MakassArt Gallery, dan Rumah Budaya Rumata’.


Pameran Karya Pilihan Koleksi Galeri Nasional Indonesia dan Perupa Sulawesi Selatan merupakan program ‘Pameran Keliling’ Galeri Nasional Indonesia yang diadakan minimal setahun sekali (tahun ini Sul-Sel mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah).  Tujuan Pameran Keliling untuk memperkenalkan lebih dekat kepada masyarakat dalam negeri maupun mancanegara tentang eksistensi lembaga dan koleksi seni rupa (state collection) karya seniman Indonesia yang tersimpan di Galeri Nasional Indonesia. Serta merupakan ajang peningkatan kreativitas dan apresiasi seni serta mendorong spirit berkarya bagi perupa daerah.

No comments:

Post a Comment