[Ilustrasi] Dari Timur 2

Pertengahan April 2018, Kak Lily Yulianti (penggagas Makassar International Writers Festival) menanyakan kesediaanku untuk membuatkan ilustrasi sampul buku Dari Timur vol. 2.  Tanpa banyak pertimbangan, saya langsung mengiyakan (meskipun tenggat waktunya hanya satu minggu).  Syaratnya simple aja sih, cukup mengacu pada ilustrasi buku antologi Dari Timur volume 1.  Selanjutnya, saya diberikan draft kumpulan cerpen dan puisi (yang akan dibukukan tersebut) sebagai dasar mencari inspirasi untuk tema lukisan yang akan saya buat.  

Membaca kumpulan cerpen dan puisi untuk menyerapi maknanya membutuhkan waktu 2-3 hari. Ada tiga tema yang kemudian saya bikin sketsanya (selesai dalam dua hari).  Ketiga ilustrasi itu memiliki tingkat kesulitan pengerjaan yang berbeda, mulai yang sederhana, sedang, dan rumit.





Untuk pewarnaan cat air saya menyelesaikannya di hari ke-6 dan 7, tentu saja dengan mengorbankan jam tidur siang dan sedikit agak begadang.  Hasil akhir pewarnaan ketiga sketsa diatas kalian bisa melihatnya di instagram saya.  Besok paginya, lukisan telah kering dan siap di-scan lalu dikirim ke penerbit.  Dari ketiga tema lukisan yang saya ajukan, rupanya lukisan yang berjudul Surga Tropis yang terpilih (lukisan yang paling rumit pengerjaannya).  Jika kalian telah membaca buku Dari Timur vol.2 ini bisakah kalian tebak dari judul cerpen/puisi yang menjadi tema lukisan saya ini? silakan tinggalkan jawaban kalian di kolom comment :)







Comments

  1. Sweet blog! I found it while surfing around on Yahoo News.
    Do you have any tips on how to get listed in Yahoo News?
    I've been trying for a while but I never seem to get there!
    Many thanks

    ReplyDelete
  2. I seriously love your blog.. Great colors
    & theme. Did you build this site yourself? Please reply back as I'm hoping to create
    my very own site and want to find out where you got this from or what the theme is named.
    Thanks!

    ReplyDelete
  3. Thanks for a marvelous posting! I genuinely enjoyed reading
    it, you might be a great author.I will be sure to bookmark your blog and
    may come back later on. I want to encourage yourself
    to continue your great posts, have a nice evening!

    ReplyDelete

Post a Comment