Aug 1, 2012

Behind The Scene Tote Bag Avatoon SupirPete2

20 hari sebelum 31 Juli 2012
Adalah @SupirPete2 yang minta tolong (baca: kasi masukan) dibuatkan 'double avatoon' dalam bentuk kaos, atau mug atau apa saja selain file JPG semata, sekaligus menetapkan deadline-nya tanggal 30 Juli 2012.  Wow! ini contoh klien yang kreatif sekaligus begitu percaya diri :)  Akhirnya saya dan adik saya sepakat untuk  membuat double avatoon diatas tote bag.  Dengan pertimbangan, tasnya nanti bisa dipakai sebagai pengganti kantong plastik saat berbelanja, jadi kita punya kontribusi mengurangi jumlah sampah plastik dari atas bumi ini :)

Sketsa awal:  platnya masih 5UP37 ide saya sendiri. Tapi karena tidak yakin, jadi minta wangsit langsung dari Daeng Supet.  Kalimat di kaca belakang saya ambil dari bio akun Twitter Daeng Supet itu sendiri. Sebelum diwarnai, saya konfirmasi sekali lagi.  Awalnya si Daeng merasa tidak pede dengan kalimat selebor itu, apalagi dia berencana mencetaknya dalam bentuk T-Shirt.  Tapi bukankah kalimat stiker kaca belakang pete-pete justru terkenal akan keseleborannya?  Akhirnya Daeng Supet sepakat setelah mendapat dukungan dari teman-teman dekatnya :)  

Proses watercoloring:  semua sudah fix, termasuk platnya yang diubah menjadi DD 43 NG.  Sketsa dan pewarnaan dikerjakan secara manual, menggunakan cat air diatas kertas khusus cat air.  

Avatoon versi @perduliart: taken with Instagram, filter Lo-fi :)

Avatoon versi @yufinats: taken with Instagram, filter Early Bird :)

Double avatoon sudah beres.  Tinggal memindahkannya ke atas tote bag.  Masalah pertama: kami tidak berdomisili di Makassar (saya di Kyoto, adik saya di Sorowako), jadi tidak bisa bergerilya hingga ke pelosok-pelosok Makassar mencari tukang sablon yang hasilnya bisa menampilkan efek cat air sebagaimana gambar aslinya.  Sebenarnya sudah nemu di Jogya, tapi baru bisa melayani sablonan efek cat air setelah lebaran mendatang :(

Masalah kedua:  crafter yang sedianya akan membuatkan tote bag sedang mengadakan tur keluar daerah yang minim signal, sehingga terputuslah komunikasi kami tanpa titik terang mengenai nasib tote bag tersebut.  Dalam tempo yang sesingkat-singkatnya, akhirnya kami temukan juga crafter pengganti dan tukang sablonnya. 

Sesuai rencana, tote bag harus bisa launching tanggal 30 Juli 2012.  Akhir kata khusus untuk tote bag ini, avatoonya berupa outline tanpa warna.  Avatoon dengan sablonan efek cat air kita serahkan pada Daeng Supet untuk mewujudkannya dalam bentuk T-Shirt.  Karena tidak ada batas waktu, jadi bisa sambil cari-cari tempat sablon yang oke :)

Tragedi dibalik hidung :o  
Avatoon versi outline (sentuhan Corel), dibuat oleh @cmnkproduction sambil dikejar deadline.  Tapi tunggu dulu! hidung seperti Bekantan itu dari mana asalnya?  gambar aslinya kan tidak sebesar itu? *keringat dingin

Katanya ini versi yang sudah direvisi.  Tapi hidungnya???  *saya masih berkeringat dingin

Setelah berkomunikasi yang sangat-sangat intensif dengan adik saya (dia yang berhubungan langsung dengan tukang sablonnya), akhirnya hidung si Daeng Supet terlihat proporsional :) 


30 Juli 2013
Taa Daa!!!! Launching tote bag avatoon dalam rangka memeriahkan ulang tahun akun @SupirPete2 yang ke-2.  Daeng Supet akan membagi-bagikan tote bag ini bagi mereka yang beruntung.  Semoga bermanfaat :)

tote bag made by @kasma_wati (toompank craft)


photo by Daeng Supet

5 comments:

  1. ternyata butuh proses yg lama utk menghasilkan karya yg terlihat sederhana seperti itu...

    ReplyDelete
  2. @skydrugz: fiuh...lumayan lah..

    @nayah: makasih kaka..

    ReplyDelete
  3. syukurnya, Toteebagnya saya punya satu...

    ReplyDelete
  4. @poongorock: syukur mi kalo sdh punya, semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete