Nov 10, 2013

Sketch Equipments (oleh: Dhar Chedarr)

{Holla!  Kali ini sharing tentang perlengkapan buat outdoor sketching oleh Bang Chedarr, salah satu pencetus berdirinya komunitas Indonesia's Sketchers.  Bisa dibilang beliau adalah Bapaknya Indonesia's Sketchers.  Beliau seorang ilustrator yang menjadi salah satu blog-correspondent perwakilan wilayah Asia di Urban Sketchers .}

source:  http://cedharrsketchbook.blogspot.jp/2009/07/0035-sketch-equipments.html


 Ini adalah sketch tools yang menjadi favorit saya, khusus untuk area kecil/A6-A5.

A. Pigma Micropen; paling favorit ukuran 0.05. drawing pen jenis ini memiliki garis yg akurat, tajam dan tidak luntur. cocok untuk teknik line and wash.

B. Snowman Drawing Pen; disamping untuk skets saya sering menggunakannya untuk line art ilustrasi. cukup tajam dan water proof.

C. Fountain Pen; memiliki karakter goresan yang tajam dan ekspresif. untuk ukuran standard/fine cocok untuk skets. sayang tinta yang beredar di pasaran kebanyakan tidak water proof sehingga untuk teknik line and wash tidak cocok. Platinum Carbon Ink adalah salah satu tinta khusus untuk isi fountain pen yang tidak luntur. untuk mendapatkannya harus titip teman yg kebetulan ke luar negri atau beli via internet.

D. Kenko Hi-Tech-H #0.28; ballpoint jenis gel pen ini mempunyai ujung goresan yang tajam dan keras. cocok untuk stroke yang kasar. ballpoint ini mulai susah ditemukan di stationary. jenis lain yang mirip adalah Pilot Hi-Tec-c (sekilas mirip, siapa meniru siapa nih...).

E. Pensil B atau 2B.

F. Water Brush; produk Sakura ini sangat efektif untuk dibawa saat kita berpergian, karena di dalamnya terdapat water tank yang siap pakai dan cocok berpasangan dengan cat air jenis cake (half pans).

G. Folded Brush; kuas dengan penutup ini melindungi dan menjaga bulu-bulu kuas dari berbagai kemungkinan kerusakan akibat tertekan atau terantuk benda lain. Sayang kuas jenis ini tidak dijual secara bebas melainkan menjadi satu paket dengan cat airnya (saya belum pernah menemukan di art shop).

H. Flat Brush; berguna untuk menyapu bidang yang agak lebar dan cocok untuk memblending dua bidang warna.

{info tambahan dari hasil tanya-jawab di blog beliau}  marker model Drawing pen, Pigma, Pilot, dan pulpen Kenko Hi-Tech tintanya tidak luntur. Hanya tinta untuk fountain pen yang masih luntur. Sebenarnya ada tinta khusus untuk  fountain pen yang tahan air, namanya PLATINUM CARBON INK, tapi tinta ini jarang bahkan mungkin tidak masuk di Indonesia.  Beberapa sketser di Singapore pakai fountain pen dengan  pewarnaan cat air.
 

Ballpoint jenis Pilot dan Kenko Hi Tech tidak boleh terjatuh apalagi pas  kena ujungnya, tintanya akan langsung macet. Kedua jenis pulpen ini paling cocok di kertas yang permukaannya halus, agak sensitif bila dipakai di bidang yg kasar.


Cotman Watercolor for sketcher (by Windsor&Newton) berisi 12 pans (half pans) dengan warna-warna standar. Pada seri ini, desain produknya sangat nenarik dan efektif untuk di bawa kemana saja. Dalam satu kotak kecil (kondisi tertutup; 65x125x35mm) sudah dapat mengakomodasi water supply, jar/brush washer, 1 buah folded brush dan 12 half pans. Bila ‘cake’ pans-nya sudah habis tinggal mengganti pans baru (refill).
Seri ini cocok untuk out door sketching.




Bila memungkinkan, satu buah kursi lipat kecil (banyak orang menyebutnya kursi mancing) yang mudah dibawa cukup penting untuk melengkapi kegiatan field sketch kita, karena saat kita ‘nyeket’ tidak selalu tersedia sesuatu sebagai tempat duduk. Dan yang lebih penting lagi, posisi duduk kita harus sesuai dengan angle yang kita inginkan.

{Nah, berikut adalah list toko buku dan art shop yang pernah di jajal oleh Bang Chedarr yang sepertinya 'wajib singgah' buat kita-kita yang lagi hunting peralatan sketch, khususnya sketch book.  List ini hasil tanya-jawab di blog beliau dengan beberapa sketser pemula, termasuk saya sendiri.}

1. - Toko buku Gunung Agung Jl. Kwitang, Jakarta Pusat
    - Mal Senayan City

2. - Toko Buku Gramedia, mall Pondok Indah I, Jakarta Selatan
    - Tk Bk Gramedia Matraman, Matraman Kampung melayu, Jakarta Selatan


3. Arte Media, jl. arteri pondok indah.

4. Widayat Art Supplies,  Pasa Raya Blok M, lt 12 Jakarta Selatan

5. Toko Prapatan, jl Fatmawati depan Plaza Telkom Jakarta Selatan

2 comments:

  1. thanks for sharing :)

    oiya, saya baru belajar sketching. hasilnya bisa dilihat di http://clk7.blogspot.com/2014/02/lets-sketch.html

    mohon masukannya ya..

    ReplyDelete