May 22, 2014

[Ilustrasi] APRIL: Malam Tiada Bulan

26 April 2014.  Bang Goen, seorang sahabat dari Makassar menghubungi via FB minta dibuatkan ilustrasi untuk buku antologi puisinya 'APRIL: Malam Tiada Bulan'.  Rupanya beberapa tahun terkahir beliau menggeluti dunia puisi.  Saya mengenal Bang Goenawan Monoharto sekitar 5 tahun lalu.  Saat itu kami sama-sama lagi belajar melukis cat minyak di Bang Mike Turusy.  Selain melukis dan menulis puisi, beliau juga gemar fotografi.  Bang Goen termasuk type orang yang tidak pernah berhenti belajar dan sangat produktif berkarya.

Bang Goen sendiri menginginkan sebuah ilustrasi cat air.  Berikut sepenggal puisi yang dititip dalam inbox untuk dijadikan acuan dalam mencari inspirasi cover bukunya..

malam tiada bulan

bintang bintang kesepian
malam merana
menutup wajahnya dengan kain kabung
sudah lama menanti bulan tak kunjung datang

april 2014

Saya sendiri langsung membayangkan sebuah lampion bundar pengganti bulan.  Ditambah seseorang yang duduk di atas batang cemara yang menjuntai diatas danau kecil mungkin lebih puitis kali ya? :)


lampionnya di-masking fluid dulu sebelum mewarnai langitnya

ditaburi garam halus untuk efek langit yang dihiasi galaksi




21 Mei 2014, buku antologi puisi ini diterbitkan.  Dengan demikian buku ini adalah buku antologi puisi ke-3 karya Bang Goenawan Monoharto sepanjang  tahun 2014 ini.  Selamat atas kehadiran buku barunya, Bang! 
foto: dokumentasi pribadi Bang Goen

No comments:

Post a Comment