Finally, The Last! (sebuah review dari seorang pembela Hinata)

Minna san, konnichiwa!

Tujuh bulan setelah menghadiri pameran dalam rangka pemutaran perdana Naruto The Movie: The Last di Aeon Mall Kyoto, akhirnya kesampaian juga menonton sendiri filmnya melalui kepingn DVD (fans macam apa saya ini!).

Berikut hasil review dari saya :

Pertama: 
Naruto The Last adalah kisah cinta pertama Naruto dan Hinata.  Saya bersyukur akhirnya mereka jadian (setelah 15 tahun kami menunggu!) Saya tahu banget rasanya menjadi secret admirer seperti Hinata, apalagi orang yang kita sukai itu sosok populer lalu berakhir happy ending (dalam hal ini saya tidak seberuntung Hinata *wink.
Mengenai sosok Hinata yang dipilih sebagai pasangan Naruto sudah bisa terbaca dari serial saat Naruto bertarung melawan Pain dan Madara (para rival terberat Naruto selain Toneri).  Dalam episode tersebut,  Hinata tampil memberikan dorongan semangat dan bantuan tenaga meskipun harus bertaruh nyawa.
Kembali ke film The Last ini, kisah cinta antara Naruto yg ngga peka dan Hinata yang malu-malu kucing mendominasi alur cerita pada satu setengah jam pertama.  Rasanya mirip membaca manga  shoujo (komik khusus buat pembaca cewek).  Adegan melow dan romantis yang dibangun dalam film ini cukup merusak image serial Naruto yang penuh dengan kisah-kisah yang membakar semangat.  Sepertinya menulis detil romantis bukan keahlian Kishimoto Masashi deeh. 

Kedua:
plot yang singkat dan melompat-lompat membuat film ini agak sulit dipahami hanya dengan sekali nonton. Butuh perhatian extra untuk menyatukan puzzle potongan plot yang melompat-lompat tadi.  Misalnya pada potongan plot saat Higashi Hyuga yang berhasil meloloskan diri serangan Toneri, atau potongan plot tentang kejelasan syal hijau milik Naruto.  Keduanya contoh adegan ini tampil hanya sekilas-sekilas, dan terpaut waktu yang cukup jauh antara masing-masing plot.

Ketiga:
awalnya saya sempat mempertanyakan kemampuan ninjutsu Hinata di awal film ini.   Bagaimana bisa dia tiba-tiba 'down grade' begitu?  Tidak heran bila banyak kawan disana yang agak keliru pada reviewnya.  Banyak yang berkesimpulan bahwa Hinata menjadi lemah tidak berdaya hanya karena ingin diselamatkan oleh Naruto.  Padahal jika dicermati lebih lanjut, sebelum ia diculik, Toneri telah melumpuhkannya terlebih dahulu (jurus yang sama digunakan saat mengendalikan Hinata selama di kerajaan bulan).  Salut buat Hinata yang bisa berjuang sendiri saat jatuh dari gedung tinggi, meskipun itu hanya dengan berpegangan pada syal rajutannya. 

Keempat:
benang merah dari film ini adalah Syal Merah itu sendiri.  Bagaimana syal merah ini berperan penting saat menyatukan chemistry Naruto dan Hinata saat keduanya pingsan dalam 'genjutsu'.  Alam bawah sadar Naruto menangkap sinyal dari Hinata sedari mereka kecil dulu, dan pada akhirnya ia memahami perasaan cintanya pada Hinata.
Jalinan perasaan dan cinta kasih yang terajut dalam syal tersebut pada akhirnya menjadi lucky charm bagi Naruto saat mengeluarkan jurus pamungkasnya melawan Toneri.  
Secara tersirat film ini menunjukkan bahwa hasil karya tangan sendiri jauh lebih berharga dibanding barang pabrikan lho *wink :)  

Kelima: 
adegan ketika Naruto menyatakan cintanya tapi Hinata malah pergi bersama Toneri ke bulan, lalu membuat Naruto patah hati sampai harus mengurung diri dan menyatakan menyerah, terkesan sangat dangkal untuk seorang shinobi paling hebat calon Hokage pula! Apakah Naruto tidak tahu bahwa sekali nembak ada kemungkinan belum  diterima? Patah hati sampai kehilangan gairah hidup seperti itu wajar terjadi jika Naruto dan Hinata telah bertunangan selama bertahun-tahun. 

Keenam:
penggambaran letak bulan (yang dicapai dengan cara menyelam kedalam kolam bercahaya), dan matahari buatan, agak sulit dimengerti.  Mungkin terlalu kompleks bagi saya.  Jika teman-teman ada yang bisa menjelaskan,  saya akan menyimak dengan senang hati :)

Ketujuh:
saya benar-benar bersimpati pada para fans Sasuke (dan Gara).  Kemunculan mereka yang sekejab benar-benar membuat kita semua patah hati :(

Kedelapan:
Dari tampilannya animenya sendiri, semuanya keren! Ide Masashi Kishimoto membuat kupu-kupu bercahaya di malam Naruto menyatakan cintanya pada Hinata sungguh brilliant.  

Kesembilan: saya memberi rating 3/5 untuk alur cerita,  dan 5/5 untuk eksekusi grafisnya. 

Kesepuluh:  
Sesuai judulnya: The Last, film  ini menjadi 'penutup'  khususnya buat Zidan (anak saya) yang selama ini setia mengikuti kisah-kisah perjuangan Naruto.  Momen jadian Naruto dan Hinata menjadi momen perpisahan buat Zaidan yang usianya masih 10 tahun.  Untuk sementara kisah kedekatan Naruto dan Hinata (yang banyak dibuat oleh para fans) belum boleh Zidan baca hingga ia dewasa kelak :)

Tambahan: celana puntung model balon yang digunakan Hinata di akhir tayangan lumayan kawaii yaa ^.^

Jya, matta!

Comments

  1. Ternyata bukan hanya saya yang merasa seperti ini, saya setuju sekali dengan SEMUA detail review yang ditulis disini. ^^ Memang, sepertinya Masashi Kishimoto tidak begitu mahir dalam membuat cerita percintaan yang manis seperti shoujo manga (iyalah, ini kan shonen manga, haha). Tapi justru disitulah serunya, tidak berlebihan dan terasa wajar. Kisah cinta yang ia tuliskan di manga menurut saya indah sekaligus kuat, misalnya kisah ibu dan ayah Naruto atau perasaan Hinata.

    Saya kurang tau apakah Masashi Kishimoto ikut bekerja dalam membuat movie The Last ini. Tapi dari seluruh movie Naruto, saya paling suka movie 6 (Road to Ninja) dan jujur saja saya tidak begitu menyukai movie-movie yang lain. ^^; Saya baru tau setelah nonton movie ini bahwa Masashi ikut mengambil bagian dalam pembuatan cerita ini dan bahkan ada pengantar movienya di manga aslinya. Begitu tau saya langsung berpikir, "Pantas bagus!" Sepertinya saya memang lebih cocok dengan cerita yang dibuat pengarang asli dan tidak begitu suka dengan movie-movie lain selain movie 6. Saya juga kurang menikmati fillers di animenya kecuali yang lucu-lucu (terutama seri Naruto awal, bukan Shippuden, hehe). Menikmati kisah-kisah Naruto dari berbagai versi ini ibaratnya makan sambel, lain tangan lain rasanya (walau bahan dan takarannya udah sama). :D

    -Nova

    ReplyDelete

Post a Comment