Nov 22, 2011

[Ilustrasi] Pohon Ibu

Oktober 2011, Hasrul Eka Putra, seorang teman di FB (yang ternyata adalah adik angkatan di Jurusan Hubungan Internasional-UNHAS) meminta kesediaan saya untuk menggarap (lagi-lagi) sampul buku antologi puisinya bersama teman-teman penyair dari Gorontalo.  Mereka ini tergabung dalam Komunitas Sastra Tanpa Nama (KSTN) Gorontalo.

Hasrul memutuskan untuk menghubungi saya setelah sebelumnya melihat salah satu sketsa saya (judulnya Gerimis Pagi) yang terpampang di FB, dan menurutnya cukup nyambung dengan judul buku antologi yang sedang mereka garap.

Untuk proses penggarapan ilustrasi, saya meminta Hasrul menjelaskan hal apa saja yang ingin disampaikan dari sampul buku tersebut.  Selanjutnya, dia menyertakan puisi Pohon Ibu dengan maksud agar bisa leluasa menginterpretasikan sendiri puisi yang kelak akan dijadikan sampul buku mereka.

pohon ibu

Setiap pagi kuceritakan kisah tentang ibu.
tentang pohon yang tumbuh menggelantung tanpa akar.
sambil tertidur, anakku berpulang ke rahmat mimpi bertemu pohon, ketemu ibu. sebab pohon adalah mimpi. Sebab pohon adalah juga ibu, yang tiap minggu kita belah pusaranya. sekeping jadi doa,
yang lainnya jadi luka





...karena ibu adalah doa...
sepasang burung yang diadaptasi dari sketsa Gerimis Pagi
done with Pentel watercolor on Canson watercolor paper
signature as finishing touch :)


 Pohon Doa | watercolor on paper | 2011
hasil olah-digital oleh tim kreatif mereka
Saat postigan ini saya buat, bukunya masih dalam tahap penyelesaian.  Mari berdoa, semoga bukunya segera terbit, dan dunia sastra siap-siap menyambut kehadiran mereka, para penyair muda Gorontalo. 

Foto terbaru jika bukunya telah sampai ke tangan saya akan segera menyusul :)

3 comments:

  1. waaa.... cakep mbak :D :D
    yang masih polosnya kereen :D

    ReplyDelete
  2. ih bisaami komeeeen, asiiiik! kirimannya sdh sy ambil, potonya bisa di cek di blokku kak, hehe. mksih kak, saya suka!

    ReplyDelete
  3. Uchi: makasih apresiasi ta' :)

    Nayah: semoga berkenan :)

    ReplyDelete