Oct 24, 2013

Aquarelle, kertas khusus medium cat air (Oleh: Nugraha Pratama)

{Kali ini giliran Nugraha Pratama yang mengulas tentang berbagai type kertas khusus untuk melukis cat air.  Nugraha adalah seorang ilustrator, aktif di komunitas Urban Sketchers dan Indonesia's Sketchers} 

 Source: http://nugrahadrawing.blogspot.jp/2012/04/sharing-aquarelle-dan-cat-air.html

Kenapa aquarelle dikatakan sangat cocok untuk cat air ? kenapa bukan HVS, Concorde, dll toh mereka punya gramatur yang juga tebal dan kuat kok. Oke, pertama-tama saat dalam kondisi basah kertas akan meregang hebat dan ketika kering partikel itu akan kembali ke posisinya masing-masing, kertas yang tidak kuat akan bergelombang dan lebih parahnya lagi robek atau menjadi bubur ketika di gosok dengan air secara terus menerus, ini salah satu masalah klasik dalam menggunakan media basah diatas kertas. Maka dari itu pentingnya standarisasi dalam kertas Aquarelle dengan ketebalan tertentu yang dihitung dalam satuan luas gram per meter.
Perbedaan lainnya adalah pada kertas-kertas yang sehari hari kita temui (dari merk-merk ternama) biasanya sudah free acid / bebas asam, kertas-kertas ini di produksi dalam jumlah besar sehingga dalam pembuatannya menggunakan bahan kimia yang bisa merubah warna kertas menjadi kekuningan setelah beberapa tahun, Aquarelle sendiri tidak dibuat dengan bahan kimia dan tidak diputihkan dengan klorin lalu Aquarelle juga di lapisi lagi oleh gelatin sebelum dikeringkan. Inilah yang membuat cat air menyerap sepenuhnya pada permukaan kertas dan warnanya bertahan cerah bertahun-tahun.

Tipe Kertas

Kertas cat air (Aquarelle) yang baik terbuat dari “linen rag” murni, harganya relatif sangat mahal, kalau untuk pemula yang mungkin masih ragu menggunakannya bisa menggunakan kertas-kertas buatan mesin yang tersedia di toko-toko alat lukis di sekitar tempat tinggal kalian. Ada beberapa macam brand/merk mereka semua memiliki variasi yang berbeda lagi. Tapi diantara perbedaan itu bisa kita bagi menjadi 3 variasi.

Berat dan Kualitas Kertas
Kertas cat air memiliki variasi gramatur, gramatur ini sangat berpengaruh dengan kadar air dan juga berpengaruh saat meratakan kertas. Saya mengelompokkan kertas-kertas tersebut dari ukuran beratnya, contoh :
-       Mulai dari 160 gsm = Ringan
-       Lalu 250 gsm = Sedang
-       Sekitar 400 gsm = Kuat
-       Dan 600 gsm = Sangat Kuat.
Secara umum kertas cat air 400 gsm bisa digunakan tanpa perlu di “streching”. Namun sekitar 250 gsm masih butuh di “stretching”.

Menemukan Sisi yang Benar
Sebenarnya sisi yang benar belum tentu sisi terbaik, sekali lagi ketika menggambar kalian hanya butuh maksimal. Tapi saya mau share untuk menemukan sisi yang benar dalam artian yang di tunjukan untuk dipakai (dianjurkan).
Tidak semua kertas memiliki watermark. Tapi ketika mereka memilikinya itulah penunjuk mana sisi yang dianjurkan dan mana sisi yang tidak dianjurkan. Untuk melihat dengan jelas, bentangkanlah kertas, jika anda bisa melihat watermark dari kertas itu dengan baik dan benar (tidak terbalik) maka itulah sisi yang benar.
# Materi-materi tentang Aquarelle, selain dari pengalaman saya, ini juga didukung oleh adanya buku*Sumber dari : Encyclopedia of Watercolor techniques (Diana Craig & Hazel Harrison), Blog R.E. Hartanto, dan surfing Google.com

2 comments: