Oct 30, 2013

Membuat Sketsa di Jalanan dan Permasalahannya (oleh: Antownholic)

{Holla...yang dimaksud Bung Antown adalah outdoor sketching.  Berikut tulisan Bung Antown, teman sesama sketser di IS yang membagi pengalamannya dan beberapa tips jika akan melakukan sketch on location.  Bung Antown sendiri adalah seorang vector artist, pixel art chara designer dan blogger}


Saat kita hendak membuat sketsa langsung di lokasi tentunya akan dihadapkan beberapa permasalahan. Apa sajakah masalah itu? Pada tulisan kali ini akan saya berikan solusiya.

(1) Objek manusia sering bergerak
Dalam hitungan detik kadang objek yang kita bidik sudah hilang. Di sinilah pentingnya kita melakukan observasi sebelum memulai. Jika observasi telah dilakukan dan dianggap cukup maka tangkaplah gesture, ekspresi dan suasana secara umum yang ada di lokasi dan tuangkanlah dalam kertas yang telah disiapkan.

(2) Cuaca yang tidak bersahabat
Terik matahari atau cuaca yang tak pasti datang tak disangka. Ada baiknya kita menyiapkan peralatan guna mengantisipasinya. Bawalah selalu kacamata hitam jika jalanan sangat panas dan gunakan jaket jika udara sangat dingin, serta payung dan kantong plastik untuk melindungi kertas gambar dan HP kita dari hujan. 
{Ow ya sedikit tambahan penting dari saya, jika sketsa dilakukan siang hari sebisa mungkin menggunakan pakaian dengan bahan yang menyerap keringat, dan hindari menggunakan pakaian warna gelap sebab akan menyerap panas matahari yang bisa membuat  kalian gerah berkeringat, percayalah...*wink}

(3) Pertanyaan dan atau komentar dari orang sekitar
Orang awam biasanya suka bertanya, entah soal kepentingan kita ataupun soal pemilihan warna. Pertanyaan yang terkadang tidak penting itu kadang bisa mengganggu keasyikan kita. Maka dari itu ajaklah mereka untuk bertukar pikiran atau diskusi ringan. Setidaknya dengan begitu kita bisa mengenal dan kitapun akan dikenal. Bawa selalu kartu nama kita, siapa tahu suatu saat nanti mereka membutuhkan jasa kita.

(4) Alat gambar bermasalah
Terkadang alat gambar yang sudah kita anggap bagus tiba-tiba macet. Pena tidak lagi berfungsi, pensil terjatuh dan hilang entah dimana. Supaya kita tetap bisa berkarya maka bawalah alat gambar lebih sebagai cadangan ketika sangat dibutuhkan.

(5) Lapar dan Haus
Saat berada di lapangan tentu tingkat kenyamanan berkurang. Beda halnya dengan di dalam ruangan. Untuk menghindari dehidrasi atau kelaparan jangan lupa bawa air minum secukupnya serta snack atau makanan kesukaan kita. Kalau makanannya masih lebih tentu bisa dibagi ke teman sebelah.

(6) Tidak ada tempat untuk duduk
Kalau kebanyakan berdiri membuat kita letih. Solusinya adalah bawa sendiri kursi lipat yang bisa dijinjing kemana-mana. Bahannya dari besi. Dijual di pasaran mulai dari Rp35.000. Kalaupun mau duduk langsung di atas tanah juga tidak masalah, asal kita nyaman dan menikmatinya.

Salam kreatif!!

No comments:

Post a Comment