Oct 24, 2012

Berburu (Karya) Takiko Kuroiwa

Bermula di pekan terakhir bulan Maret 2012 saat melewati stasiun K.A. Demachiyanagi, mata saya tertuju pada ilustrasi bergambar pemandangan musim Sakura.  Ilustrasi itu tertera pada sampul tabloid 'K Press' Keihan News.  Dalam menyambut musim semi, tabloid  edisi ini mengupas tuntas beberapa lokasi yang pupuler untuk menyaksikan Sakura bermekaran.  Selain itu juga terdapat peta kuliner, serta event spesial yang dijadwalkan berlangsung selama bulan April.  Keihan News sendiri merupakan tabloid milik Keihan Railway, sebuah jawatan kereta api yang melayani rute antar tiga kota besar di Jepang: Osaka-Kyoto-Shiga. 

deretan tabloid dan brosur adalah pemandangan yang menyegarkan di setiap stasiun K.A.

Saat melihat ilustrasi Sakura tadi, seketika saya teringat karya-karya cat air Chihiro Iwasaki yang sederhana dan manis.  Takiko Kuroiwa, begitulah signature yang tertera pada sudut kanan bawah ilustrasi.  Berhubung saya sedang belajar (otodidak) melukis cat air, segera saja saya mengambil satu buah tabloid untuk dijadikan referensi. Begitu tiba di apato, hal yang pertama saya lakukan (setelah semua urusan domestik beres tentunya) adalah Googling nama ilustratornya.  Bukan hanya ilustrasi cat air, Takiko juga piawai dalam ilustrasi digital, paper cut dan 3D.  Sederhana, itulah yang terpancar karya-karya Takiko.  Tidak ada teknik lukis dan pewarnaan yang rumit pada ilustrasi cat airnya, serta tema yang diangkat begitu lekat dengan keseharian.  

Kini saya punya rutinitas baru yaitu berburu karya Takiko Kuroiwa di stasiun subway. Setiap akhir bulan bisa dipastikan saya membawa pulang tabloid 'K Press' terbitan terbaru yang berhiaskan ilustrasi karya Takiko pada sampulnya :) 

berhubung tiba di Kyoto pada pertengahan Maret, jadi koleksi tabloidnya start bulan April







No comments:

Post a Comment