Oct 30, 2012

Sketch + Conte + Watercolor = Suizu Toshikazu


Kebiasan saya ketika berada di stasiun kereta api adalah hunting brosur/leaflet yang ilustrasinya bagus-bagus.  Lumayanlah buat cuci mata sekaligus dipelajari tekniknya :)
Hari itu, di stasiun Demachiyanagi saya mendapatkan leaflet pameran (Osaka, 26 September - 7 Oktober 2012) karya Suizu Toshikazu, seorang seniman Conte. Sebenarnya saya duluan mengenal karya-karyanya dibanding nama beliau.  Beberapa minggu setelah kedatangan saya di Kyoto, saya sempat mengabadikan beberapa poster yang ilustrasinya eye catching  tentang festival yang akan berlangsung.  Poster dengan ilustrasi sketsa Conte tersebut dipajang di setiap stasiun K.A. Keihan, yang tujuh bulan kemudian baru saya tahu nama senimannya.  



Suizu Toshikazu dilahirkan di Shimane Prefektur, Chugoku-Jepang pada 1951.  Menamatkan pendidikannya di Department of Art, Osaka City High School pada 1970.  Di tahun 1974  resmi menjadi pegawai Keihan Electric Railway Co., Ltd.  Memulai pameran tunggal karya ilustrasi Conte tahun 1998.

Sampai saat ini saya belum menemukan website resmi milik sang seniman.  Jadi semoga saja teman-teman bisa menikmati karya-karya beliau meskipun hanya berupa hasil scan dari leaflet yang saya pulang itu :)












No comments:

Post a Comment