Oct 31, 2012

Selamat Jalan Kak Oppo'

bersama Bang Zaenal Beta dan Kak Oppo' di gerbang  Benteng Fort Rotterdam 

Berita duka itu tiba via Twitter sehari setelah saya mengucapkan selamat ulang tahun pada Abangku. Terasa ironis. Tapi begitulah episode kehidupan. Tawa-tangis, bahagia-sedih, semua ada waktunya datang menyapa. 

Ka Oppo', saudara kami di Indonesia's Sketcher Makassar telah berpulang menghadap Sang Maha Pencipta akibat penyakit radang paru yang di deritanya. Saya tidak menyangka, sketch on location di Kampoeng Popsa bulan Februari 2012 adalah kenangan terakhir bersamanya. Hari itu kami memang tidak banyak ngobrol seperti biasanya, dikarenakan saya tertalu fokus pada agenda utama rapat penetapan kepengurusan IS-Mks dengan para admin lainnya. Yang saya ingat hanyalah ucapan salam perpisahan darinya (dalam rangka kepindahan saya ke Jepang).

sketch on location terakhir bareng Kak Oppo' (t-shirt merah dengan inisial SBY), Kampoeng Popsa 
Pertama kali kenal dengan Kak Oppo' saat dia ikut sketch on location di Pantai Biring Kassi' (tepat depan Benteng Fort Rotterdam, samping Kampoeng Popsa).  Profesi utamanya adalah musisi, seorang gitaris  aliran klasik dan bossanova.  Tiap malam kita akan mudah menemuinya 'manggung' bersama grupnya di kafe  Terrace 52, Makassar Golden Hotel.  Meskipun demikian, minatnya pada seni live sketching begitu besar sehingga dia menjadi salah satu anggota IS-Mks yang paling rajin ikut kegiatan sketch on location.  Sampai-sampai rajin nginap di Fort Rotterdam Art Gallery (sekretariat IS-Mks), menjadi volunteer menemani Bang Zaenal Beta mengurus galeri.  Saya menyaksikan sendiri bagaimana kemajuan sketsa yang dihasilkannya, mulai dari yang biasa-biasa saja hingga  akhirnya memberanikan diri melukis di atas kanvas menggunakan cat minyak (sayang saya tidak sempat mengabadikan karya lukisannya).  

nyeket bareng Mas Hady (lokasi: Benteng Fort Rottterdam Makassar)
Satu hal yang paling khas dari sketsa karya Kak Oppo' adalah tanda tangannya yang begitu mendominasi sebagian besar area sket.  Alasannya agar perhatian orang yang melihat terpecah, sehingga tidak terlalu fokus pada hasil sketsanya yang masih jauh dari kata bagus.  Kami pun tersenyum-senyum mendengarnya.  

Sembari mengenang, saya ingin berbagi semangat Kak Oppo' menekuni kegiatan sketch on location bersama teman-teman Indonesia's Sketcher Makassar.  Selamat jalan Kak Oppo', beristirahatlah dengan tenang di sisiNYA.  Karya-karyamu abadi di hati IS-Mks :')

sketch on location di Pantai Biring Kassi' , Juli 2010





Sketch on location di Masjid Al -Markaz Al -Islami, 15 Agustus 2010




Sketch on location di Pasar Baru, 26 Agustus 2010








Sketch on location di Penjara Pengeran Diponegoro, 12 September 2010





Sketch on location di sekitaran Benteng Fort Rotterdam, 19 September 2010





Sketch on location di Taman Macan, 3 Oktober 2010


No comments:

Post a Comment